OOP PHP : Abstract Class dan Abstract Method PHP

 OOP PHP : Abstract Class dan Abstract Method PHP
Assalamu'alaikum W. W.
A. Pendahuluan
Halo, pada kesempataan kali ini saya akan menjelaskan tentang OOP PHP dalam unsur methodnya.
1.Pengertian
Menurut wikipedia :
- PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.
- OOP (Object Oriented Programmin) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya.
2.Latar Belakang
Ingin mengetahui bagaimana membuat program PHP yang menggunakan OOP.
3.Maksud dan Tujuan
Paham dan dapat mengggunakan OOP PHP, sehingga dapat membuat website PHP selain dengan cara prosedural.
B. Alat dan Bahan
- PC
- Text Editor
- Web Browser
- Web Server
- Internet
C. Jangka Waktu Pelaksanaan
1 Jam
D. Penjelasan
Abstract adalah fungsi dalam OOP untuk mengatur agar ketika suatu class memiliki fungsi Abstract dan di dalamnya memiliki Abstract Method, maka class turunan dari class tersebut memiliki method yang sama dengan class induk yang memiliki abstarct dan jika ada Abstract Method, brarti Abstract Method-Nya  wajib dibuat ulang, karena jika tidak dibuat ulang, maka akan terjadi error.
Contohnya kita memiliki class Mobil, Motor, dan Truck. Setiap Truck mestinya memiliki roda, sehingga kita ingin agar class yang diturunkan dari class Truck memiliki method roda(). Abstract juga digunakan untuk memaksa agar semua class memiliki method roda().
Cara membuat abstract class :
Untuk membuat abstrack class kita cukup menambahkan keyword abstract sebelum nama class
Cara membuat abstract method :
Jika method dinyatakan sebagai Abstract Method, maka kita tidak perlu membuat isi methodnya, tetapi hanya signature dari method tersebut. Signature terdiri dai nama method dan parameternya (jika ada) seperti contoh berikut:
Untuk membuat sebuah Abstract Method, kita harus membuatnya di dalam Abstract Class.
Ketika kita membuat Abstract Class, abstrack class tersebut tidak bisa digunakan secara langsung, namun hanya digunakan untuk blueprint untuk class - class lain. Dan ketika kita menggunakan secara langsung maka akan terjadi error.
Ketika kita membuat Abstract Class, maka kita juga dapat membuat method biasa, jadi tidak diwajibkan membuat Abstract Method.
Dan jika sebuah class diturunkan dari Abstract Class, maka class tersebut harus membuat ulang semua Abstract Method yang berada pada Abstract Class yang digunakan sebagai induk.

E. Kesimpulan
Jadi, Abstract Class dan Abstract Method digunakan untuk mebuat kerangka untuk class - class turunannya. Jadi setiap class yang merupakan turunan dari Abstract Class pasti akan memiliki method yang berada di dalam Abstract Class tersebut.
F. Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/PHP
https://id.wikipedia.org/wiki/Pemrograman_berorientasi_objek
https://www.duniailkom.com/tutorial-belajar-oop-php-pengertian-abstract-class-dan-abstract-method-php/

Wasslamu'alaikum W. W.

0 Response to "OOP PHP : Abstract Class dan Abstract Method PHP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel