SQL : Perbedaan MySql, MySqli, dan PDO

SQL : Perbedaan MySql, MySqli, dan PDO

Assalamu'alaikum W. W.
A. Pendahuluan
Halo, pada kesempataan kali ini saya akan menjelaskan apa itu SQL.
1.Pengertian
Menurut wikipedia : SQL adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. Bahasa ini secara de facto merupakan bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Saat ini hampir semua server basis data yang ada mendukung bahasa ini untuk melakukan manajemen datanya.
2.Latar Belakang
Ingin mengetahui cara mengkoneksikan database MySql ke PHP yang paling dianjurkan.
3.Maksud dan Tujuan
Paham dan dapat memilih cara pengkoneksian database ke PHP yang paling efektif digunakan.

B. Alat dan Bahan
- PC
- Web Browser
- Internet
C. Jangka Waktu Pelaksanaan
-
D. Penjelasan
MySql, MySqli, dan PDO adalah 3 metode cara untuk mengkoneksikan PHP dengan Database MySql.
Berikut penjelasannya :

1. Koneksi MySQL dengan mysql extension

Ketika pertama kali mempelajari PHP MySQL sekitar tahun 2008 (atau jika anda pernah mempelajari PHP-MySQL beberapa tahun yang lalu), untuk mengakses Database MySQL dari PHP, kita dapat menggunakan fungsi seperti mysql_connect(), mysql_query(), dan mysql_fetch_array(). Fungsi-fungsi ini tergabung ke dalam mysql extension (Pada saat itu PDO dan mysqli extension masih jarang digunakan)
Tapi sekarang (setelah PHP versi 5.5.0 rilis) PHP memutuskan untuk membuat mysql extension yang berstatus deprecated. Yang artinya pengaksesan database MySQL menggunakan fungsi mysql extension sudah tidak dianjurkan lagi untuk digunakan. Programmer PHP diharapkan pindah ke mysqli extension atau PDO yang berbasis objek.
Karena, MySQL versi terbaru memiliki fitur yang semakin lengkap dan kompleks, sehingga PHP memutuskan untuk membuat fungsi extension baru agar programmer PHP bisa menggunakan fitur-fitur ini.

2. Koneksi MySQL dengan mysqli extension
Untuk menggantikan mysql extension, PHP menyediakan mysqli extension (mysqli merupakan singkatan dari MySQL Improved). Mysqli extension ini dasarnya adalah perbaikan dari mysql extension dan dikembangkan untuk mendukung fitur terbaru untuk MySQL 4.1 keatas.
Kebanyakan semua fungsi yang ada pada mysql extension juga tersedia pada mysqli. Syntax mysqli sangat mirip dengan mysql extension. Sehingga jika anda sudah lama menggunakan mysql extension, sangat mudah untuk anda berpindah menggunakan mysqli extension.Selain menggunakan mysql maupun mysqli extension, cara yang lain untuk  dapat mengakses database MySQL dari PHP adalah dengan menggunakan PHP Data Objects (atau sering disingkat dengan PDO).

3. Koneksi MySQL dengan PDO (PHP Data Objects)

PDO, adalah extension atau penambahan fitur dalam PHP yang dirancang sebagai interface universal untuk mengakses berbagai jenis database (tidak hanya MySQL). Contohnya, Ketika kita menggunakan PDO dalam mengkoneksikan PHP ke database, lalu suatu saat website kita bertukar database dari MySQL ke SQLite, maka kita tidak perlu repot - repot mengubah semua kode program, cukup mengubah cara pemanggilan PDO diawal program saja.
Dari ketiga cara koneksi PHP dengan MySQL ini, metode yang disarankan adalah menggunakan mysqli atau PDO.

Cara penulisan :
E. Kesimpulan
Untuk menkoneksikan database kita dianjurkan untuk menggunakan mysqli atau PDO. Kerena sampai saat ini MySqli Dan PDO masih dapat digunakan untuk Versi PHP terbaru.
F. Referensi 
https://id.wikipedia.org/wiki/SQL 
 
Wassalamu'alaikum W. W.

0 Response to "SQL : Perbedaan MySql, MySqli, dan PDO"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel