Pengertian Evaluasi Serta Tujuan dan Fungsinya

Pengertian Evaluasi Serta Tujuan dan Fungsinya 

Assalamualaikum Wr.Wb.
   Teman teman kali ini saya akan membahas tentang evaluasi tuk memperbaiki diri.

A. Pengertian
   Evaluasi adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk melihat atau menilai sesuatu berdasarkan faktor atau acuan tertentu.

B. Latar Belakang

   Evaluasi sangat penting dilakukan karena dengan adanya evaluasi maka akan membuat kegiatan atau tingkah laku yang dilakukan sebelumnya dapat diperbaiki menjadi lebih baik lagi.

C. Maksud dan Tujuan

    Lebih memahami makna sebenarnya evaluasi dan sadar akan evaluasi.

D. Pembahasan
   Evaluasi berasal dari Bahasa Inggris yaitu Evaluation yang berarti penaksiran atau penilaian. Dan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Evaluasi memiliki arti yaitu Penilaian.
   Menurut Nurkancana (1983), Evaluasi adalah kegiatan yang dilakukan berkenaan dengan proses menentukan nilai dari suatu hal. Sementara itu, menurut Raka Joni (1975) Evaluasi adalah proses untuk mempertimbangkan sesuatu barang, hal atau gejala dengan mempertimbangkan beragam faktor.
   Dalam dunia kerja dan industri, Evaluasi dapat diartikan sebagai proses pengukuran  akan efektivitas strategi yang digunakan dalam upaya mencapai tujuan perusahaan. Data hasil pengukuran tersebut, akan digunakan sebagai analisis untuk program selanjutnya.
   Dalam dunia pendidikan, Bloom et.al (1971) mengatakan bahwa Evaluasi adalah pengumpulan kenyataan secara sistematis untuk menetapkan sejauh mana perubahan dalam diri siswa.
  Dari beberapa pengertian diatas, dapat kita simpulkan bahwa Evaluasi adalah proses menentukan nilai untuk suatu hal atau objek yang berdasarkan pada acuan-acuan tertentu untuk menentukan tujuan tertentu.
  Tujuan dari Evaluasi, yaitu.

     Siswa atau Orang yang melakukan Evaluasi, akan dapat atau mampu mengetahui apakah hasil pekerjaan-nya memuaskan atau tidak.
     Guru atau pengajar akan mengetahui apakah materi atau ajaran yang dia sampaikan sudah tepat atau belum.
     Guru atau pengajar akan mengetahui siswa mana yang berhak melanjutkan dan siswa mana yang tunda atau tinggal.
     Guru atau pengajar akan mengetahui apakah metode mengajar yang dia gunakan sudah tepat atau belum.

   Fungsi dari Evaluasi, yaitu.
     Evaluasi berfungsi selektif, karena guru atau pengajar mempunyai cara untuk mengadakan seleksi bagi calon siswa dan untuk memilih siswa mana yang naik atau tidak ke tingkat selanjutnya serta siswa mana yang dapat beasiswa.
     Evaluasi berfungsi diagnostik, karena guru atau pengajar akan mengetahui kelemahan-kelemahan pada siswa dan mengetahui penyebab serta solusi dari hal tersebut.
     Evaluasi berfungsi sebagai penempatan, karena guru atau pengajar dapat menempatkan siswa-nya  sesuai kemampuan dan kelompok yang sama.
     Evaluasi sebagai pengukur keberhasilan, karena guru atau pengajar akan mengetahui sejauh mana program atau metode yang dia gunakan itu berhasil atau tidak.
E. Kesimpulan
   Dalam dunia pendidikan karakter, evaluasi sangat diperlukan untuk melihat dan mengukur keberhasilan suatu program sehingga dapat memajukan lembaga atau proses tersebut.
F. Referensi
  - https://id.wikipedia.org/wiki/Evaluasi
  - http://chamimampel.blogspot.co.id/2014/03/pengertian-tujuan-dan-fungsi-evaluasi.html
  - https://www.kbbi.web.id/evaluasi

0 Response to "Pengertian Evaluasi Serta Tujuan dan Fungsinya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel