OOP PHP : Pengertian Class, Object, Property dan Method


OOP PHP : Pengertian Class, Object, Property dan Method

Assalamu'alaikum W. W.
A. Pendahuluan
Halo, pada kesempataan kali ini saya akan menjelaskan tentang OOP dalam PHP.
1.Pengertian
Menurut wikipedia :
- PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.
- OOP (Object Oriented Programmin) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya,
2.Latar Belakang
Ingin mengetahui bagaimana membuat program PHP yang menggunakan OOP.
3.Maksud dan Tujuan
Paham dan dapat mengggunakan OOP PHP, sehingga dapat membuat website PHP selain dengan cara prosedural.
B. Alat dan Bahan
- PC
- Text Editor
- Web Browser
- Web Server
- Internet
C. Jangka Waktu Pelaksanaan
1 Jam
D. Penjelasan

Pengertian Class dalam Pemrograman Berbasis Objek

Class adalah ‘cetak biru’ atau ‘blueprint’ dari object. Class digunakan hanya untuk membuat kerangka dasar. Yang akan kita pakai nantinya adalah hasil cetakan dari class, yakni object.
Sebagai analogi, class bisa diibaratkan dengan Handphone. Kita tahu bahwa Handphone memiliki ciri-ciri seperti merk, memiliki jenis, memiliki ukuran layar, dan beberapa ciri khas lain yang menyatakan sebuah benda tersebut adalah Handphone. Selain memiliki ciri-ciri, sebuah Handphone juga bisa dikenakan tindakan, seperti: menyalakan handphone atau mematikan Handphone.
Class dalam analogi ini adalah gambaran umum tentang sebuah benda. Di dalam pemrograman nantinya, contoh class seperti: koneksi_database dan profile_user.
Di dalam PHP, penulisan class diawali dengan keyword class, kemudian diikuti dengan nama dari class. Aturan penulisan nama class sama seperti aturan penulisan variabel dalam PHP, yakni diawali dengan huruf atau underscore untuk karakter pertama, kemudian boleh diikuti dengan huruf, underscore atau angka untuk karakter kedua dan selanjutnya. Isi dari class berada dalam tanda kurung kurawal.
Cara penulisan code :

Pengertian Property dalam Pemrograman Berbasis Objek

Property (artibut) adalah data / code yang terdapat dalam sebuah class. Melanjutkan analogi tentang Handphone, property dari Handphone bisa berupa merk, warna, ukuran layar, dan lain-lain .
Property ini sebenarnya hanyalah variabel yang terletak di dalam sebuah class. Seluruh aturan dan tipe data yang biasa diinput kedalam variabel, bisa juga diinput kedalam property. Aturan tata cara penamaan property sama dengan aturan penamaan variabel.
Cara penulisan code :
Dilihat dari contoh diatas, $merk, $ukuran_layar dan $jenis_processor adalah property dari class handphone. Seperti yang kita lihat, penulisan property di dalam PHP sama dengan cara penulisan variabel, yakni menggunakan tanda dollar ($). Sebuah class tidak harus memiliki property.

Pengertian Method dalam Pemrograman Berbasis Objek

Method adalah sebuah tindakan yang bisa dilakukan didalam class. Jika menggunakan analogi class Handphone kita, maka contoh method adalah: nyalakan handphone, mematikan handphone, mengganti wallpaper laptop, dan berbagai tindakan lain.
Method pada dasarnya adalah function yang berada di dalam class. Seluruh fungsi dan sifat function bisa diterapkan kedalam method, seperti argumen/parameter, mengembalikan nilai (dengan keyword return), dan lain-lain.
Cara penulisan code :
Dari contoh diatas, function nyalakan_handphone() dan function matikan_handphone() adalah method dari class handphone. Seperti yang kita lihat, bahwa penulisan method di dalam PHP sama dengan cara penulisan function. Sebuah class tidak harus memiliki method.

Pengertian Object dalam Pemrograman Berbasis Objek

Object adalah hasil cetak dari class. Jika menggunakan analogi class Handphone, maka objek dari class handphone bisa berupa: handphone_kiki, handphone_moko, handphone_wasis, dan lain-lain. Objek dari class handphone akan memiliki seluruh ciri-ciri handphone, yaitu property dan method-nya.
Proses ‘mencetak’ objek dari class ini disebut dengan ‘instansiasi’ (atau instantiation dalam bahasa inggris). Pada PHP, proses instansiasi dilakukan dengan menggunakan keyword ‘new’. Hasil cetakan class akan disimpan dalam variabel untuk selanjutnya digunakan dalam proses program.
Contoh penulisan code :
Dari contoh di atas, $handphone_kiki dan $handphone_moko merupakan objek dari class handphone. Kedua objek ini akan memiliki seluruh property dan method yang telah dirancang dari class handphone.
E. Kesimpulan
Class digunakan hanya untuk membuat kerangka dasar. Property (artibut) adalah data / code yang terdapat dalam sebuah class. Method adalah sebuah tindakan yang bisa dilakukan didalam class. Object adalah hasil cetak dari class.
F. Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/PHP
https://id.wikipedia.org/wiki/Pemrograman_berorientasi_objek

Wassalamu'alaikum W. W.

0 Response to "OOP PHP : Pengertian Class, Object, Property dan Method"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel